Purwakarta. Mediacakrabuana.id

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika kembali mencetak sejarah. Setelah sepekan sebelumnya sukses menjadi politisi perempuan pertama yang terpilih secara aklamasi menjadi pemimpin tertinggi Partai Golongan Karya (Golkar) DPD Kabupaten Purwakarta, Anne Ratna kembali mencetak sejarah baru.

Sejarah yang dibuatnya kali ini untuk level yang lebih tinggi yakni di level nasional.

Orang nomor satu di Purwakarta itu untuk keempat kalinya secara berturut-turut  kembali terpilih sebagai politisi perempuan Partai Golkar paling populer secara nasional versi Golkarpedia periode Juli 2023

Prestasi itu merupakan rekor terbanyak yang belum pernah diraih politisi perempuan hebat lainnya.

Sebelum mencetak dua sejarah penting itu, Anne Ratna Mustika merupakan perempuan pertama yang menjadi Bupati Purwakarta. Dia terpilih menjadi bupati daerah yang kuliner Sate Marangginya terkenal hingga ke mancanegara itu untuk periode 2018 – 2023.

Kali ini, sejarah baru yang ditorehkan Bupati Anne  kali ini terasa sangat istimewa karena diumumkan bersamaan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, pada Kamis (17/8) kemarin.

“Prestasi ini hanya bisa tercipta berkat dukungan penuh masyarakat  Purwakarta dan kader Partai Golkar di seluruh Indonesia. Tanpa dukungan itu, saya tentu bukanlah siapa-siapa. Semoga apa yang saya raih menjadi kebanggaan bersama seluruh masyarakat dan seluruh  kader Partai Golkar diseluruh Nusantara,” kata Anne Ratna Mustika, Senin, 21 Agustus 2023.

Anne terpilih setelah berhasil mengalahkan nama-nama hebat politisi papan atas di Indonesia. Sebelumnya, Anne terpilih menjadi politisi perempuan paling populer pada bulan April, Mei dan Juni 2023.

“Prestasi ini bukan semata-mata prestasi untuk saya, namun merupakan prestasi untuk seluruh masyarakat Purwakarta. Prestasi ini juga merupakan prestasi buat semua perempuan-perempuan hebat di seluruh Indonesia,” ujar Bupati Anne.

Popularitas Bupati Anne Ratn Mustika itu dinilai berdasarkan hasil riset Golkarpedia, dengan indikator banyaknya pemberitaan pada periode tersebut. Golkarpedia adalah portal berita yang mengkhususkan pada dunia informasi seputar Partai Golkar.

Secara khusus Anne Ratna Mustika menyampaikan terima kasihnya kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily.

“Berkat kepercayaan dan dukungan dari Pak Airlangga dan Pak Ace, saya bisa menjalankan amanah dalam jabatan publik sebagai Bupati Purwakarta. Dari sanalah awal kiprah saya semakin lebih dikenal lebih luas. Tanpa dukungan keduanya, saya mungkn tidak akan sampai mendapatkan kepercayaan ini,” kata Anne Ratna Mustika.

Berdasarkan penilaian Golkarpedia, Anne Ratna Mustika menduduki peringkat pertama karena berhasil memimpin jumlah pemberitaan dengan jangkauan terluas.

Golkarpedia mencatat Bupati Anne mengumpulkan 545 pemberitaan selama bulan Juli 2023, dengan cakupan reach mencapai 2,9 juta jangkauan. Dengan jumlah itu Bupati Anne jauh mengungguli sembilan nama besar tokoh dan politisi perempuan Golkar lainnya.

Sementara perngkat dua hingga kesepuluh adalah Christina Aryani (Anggita Komisi I DPR RI), Riana Sari Arinal (Istri Gubernur Lampung dan Ketua Ikatan Istri Partai Golkar Lampung), Ratu Tatu Chasanah (Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Banten dan Bupati Serang) dan Hetifah Sjaifudian (Wakil Ketua Komisi X DPR RI).

Kemudian disusul oleh Airin Rachmi Diany (Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), yang juga mantan Wali Kota Tangerang Selatan), Cen Sui Lan (Anggota Komisi V DPR RI), Nurul Arifin (Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar dan Anggota Komisi I DPR RI) dan Dyah Roro Esti (Anggota Komisi VII DPR RI).

Dukungan Media Massa

Bupati Anne juga mengungkapkan, keterpilihannya sebagai tokoh dan politisi perempuan terpopuler nasional tak terlepas dari dukungan rekan-rekan jurnalis dan media massa.

Bupati Anne mengatakan, rekan-rekan jurnalis telah banyak membantu dalam menjalankan amanahnya baik sebagai kader Golkar maupun sebagai Bupati Purwakarta.

“Kinerja saya sebagai Bupati Purwakarta maupun sebagai kader Golkar, tentu tidak mungkin diketahui publik secara luas tanpa dukungan rekan-rekan jurnalis dan media massa. Untuk itu, saya sangat berterima kasih,” kata Bupati Anne.

Pada kesempatan itu, Bupati Ane juga menyampaikan bahwa  setiap prestasi atau penghargaan yang diterima dirinya sesungguhnya merupakan penghargaan bagi semua jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta, jajaran  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh masyarakat Purwakarta.

“Semua prestasi dan penghargaan adalah hasil kerja keras dan kerja sama semua jajaran di Pemkab Purwakarta. Tanpa dukungan mereka, tentu saya tidak mungkin bisa mendapatlan itu semua. Penghargaan itu juga sekaligus merupakan penghargaan bagi masyarakat Purwakarta,” kata Bupati Anne.

Segudang Prestasi

Selama memimpin Kabupaten Purwakarta, Bupati Anne Ratna Mustika memang dikenal sebagai pemimpin yang memiliki segudang prestasi. Selama memimpin Kabupaten Purwakarta sejak 2018, sebanyak 237 prestasi berbagai bidang dari berbagai lembaga pemerintah maupun non pemerintah tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Berbagai penghargaan yang telah diraihnya itu diantaranya adalah Penghargaan Nasional Respon Imunisasi Terbaik dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diberikan dalam perayaan puncak Pekan Imunisasi Dunia (PID) 2023 Indonesia oleh Kemenkes RI di Jakarta, 7 Mei 2023..

Selain itu, dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu untuk dua kategori yakni dalam pencapaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Resiko Indeks (MRI). 5 Mei 2023 lalu.

Selanjutnya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awrad dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia pada 14 Maret 2023.lalu.

Penghargaan bidang pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) pada 16 Februari 2023.  Penghargaan yang diberikan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI itu diberikan karena Pemkab Purwakarta dinilai sebagai kabupaten yang memiliki kontribusi luar biasa pada pendidikan tinggi.

Lalu penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai daerah yang Mendukung Program KB Pria Metode Opratif Pria (MOP) tahun 2023, pada 14 Februari 2023 lalu.

Kemudian pada 1 Maret 2023, penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta dinilai sebagai Instansi dengan pencapaian standar pelayanan minimal sub urusan kebakaran tahun 2022 Kategori Tuntas Paripurna 100 persen. Penghargaan diberikan 1 Maret 2023 lalu.

Penghargaan lainnya adalah penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disipusda) sebagai Penggerak Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tingkat Provinsi Jawa Barat, 1 Maret 2023 lalu.
Editor.(Taslim)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here