Jakarta Mediakrabuana.id
Semakin dekat pilpres 2024 semakin gencar kasus tindak pidana korupsi bermunculan tak heran jika tempat jabatan yang basah sudah pasti menjadi ajang rebutan hal tersebut sudah lumrah untuk saling sikut menyikut

Pasalnya Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo dalam video yang diterima di Jakarta, Kamis (23/02/2023).

JAKARTA – Rafael Alun Trisambodo (RAT) resmi dicopot dari posisinya sebagai Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jakarta Selatan II pada hari ini, Jumat (24/2/2023). Meski RAT telah dicopot dari jabatannya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati pun menginstruksikan agar harta kekayaan RAT tetap diusut.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), RAT tercatat memiliki total kekayaan hingga Rp56,1 miliar. “Saya sudah menginstruksikan kepada Inspektorat Jenderal (Itjen) untuk melakukan pemeriksaan harta kekayaan dan dalam hal ini kewajaran dari harta RAT,” ujar Sri dalam konferensi pers virtual di Jakarta pagi ini.

Kepada Bergelora.com.di Jakarta dilaporkan, Merespon instruksi Menkeu, dalam kesempatan yang sama di hadapan awak media, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Awan Nurmawan Nuh menyebut bahwa dalam pemeriksaan harta ini pihaknya akan bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Nantinya, pemeriksaan ini akan mencocokkan antara laporan dan kemampuan ekonomi RAT.

“Kita cocokkan yang dilaporkan dengan kemampuan ekonomis dia, baik itu penghasilan, pajaknya, atau bahkan jika dia memiliki warisan atau penghasilan lainnya,” ujar Awan. Hanya saja, dia mengatakan bahwa harta Rp56,1 miliar ini tidak bisa langsung disamaratakan sebagai penghasilan.

“Kita tidak bisa gebyah uyah (menyamaratakan) ya. Karena bisa saja PNS begitu masih memiliki sumber penghasilan lain atau juga warisan, bisa saja juga keluarganya memiliki usaha. Itu yang nanti juga kita cek,” ungkap Awan. ( Cakra Buana 330 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here