PURWAKARTA -Media Cakrabuana.id

Mengawal aspirasi ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Purwakarta Melawan menolak kenaikan harga BBM, di Gedung DPRD Purwakarta, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain turun langsung ke lokasi demo.

Secara humanis, Alumnus Akpol 2004 ini mengawal jalannya aksi. Polres Purwakarta menerjunkan 165 personel pada Rabu, 7 September 2022.

Secara bergantian ratusan peserta aksi unjuk rasa (unras) terus meneriakkan tuntutan-tuntannya di Gedung DPRD Purwakarta. Bahkan, para mahasiswa sempat memanas merangsak masuk dengan mendorong pagar gedung DPRD Purwakarta agar bisa ketemu langsung Ketua DPRD Purwakarta.

Untuk menenangkan masa, AKBP Edwar Zulkarnain didampingi Kabag Ops Kompol Dadang Garnadi, Kasat Samapta, AKP Asep Kusmana dan Kasat Intelkam AKP Asep Rahman memberikan himbauan yang humanis dan simpatik agar dalam menyampaikan aspirasi dilakukan dengan damai dan tidak timbul aksi anarkis.

Setelah ditemui oleh AKBP Edwar Zulkarnain, para mahasiswa kembali tenang dalam menyampaikan aspirasinya serta memastikan apa yang menjadi tuntutan masyarakat bisa disampaikan atau diakomodir oleh Ketua serta Anggota DPRD Purwakarta.

“Upaya persuasif dikedepankan dalam mengawal dan mengamankan kegiatan unras tersebut, bagaimanapun peserta unras adalah bagian dari masyarakat yang memiliki hak untuk menyampaikan aspirasi dan dilindungi oleh undang-undang,” ucap Pria yang akrab disapa Edwar itu.

Kapolres berpesan kepada seluruh jajaran untuk sikapi para pengunjuk rasa dengan humanis tanpa mengedepankan kekerasan atau emosional.

Tak hanya itu, Edwar juga menghimbau kepada personilnya untuk menjaga ketertiban dan menciptakan kenyamanan bagi masyarakat. Bukan sebaliknya, meresahkan atau menakutkan.

“Mari kita bersama-sama jadi polisi yang humanis, menuju Polri yang Presis (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan),” ucap AKBP Edwar Zulkarnain.
( Taslim )*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here