PURWAKARTA.Media Cakrabuana.id

Sebelum berangkat menuju kampung halaman, maka kondisi rumah harus dipastikan aman supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah tindak kejahatan pencurian dan peristiwa kebakaran, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta mengimbau masyarakat supaya memastikan keamanan rumah sebelum ditinggal mudik.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengimbau kepada masyarakat yang merayakan Lebaran dan melakukan mudik untuk memastikan kondisi keamanan rumah yang ditinggalkan.

Dirinya meminta masyarakat yang bepergian mudik untuk melaporkan hal tersebut kepada tetangga yang tidak mudik ataupun pihak RT setempat.

“Tolong lapor ke RT, menyampaikan bahwa yang bersangkutan mau mudik, sehingga bisa dipantau lingkungan rumahnya,” ucap Hery sapaan akrab Kapolres Purwakarta itu, pada Jumat, 29 April 2022.

Kapolres menambahkan, selain kepada RT, masyarakat yang hendak mudik juga dapat melapor kepada Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas).

“Jadi ada pengawasan dari kami bisa melaksanakan patroli yang bisa cegah terhadap kejadian pencurian rumah kosong,” ucapnya.

Hery mengaku, selama Ramadan, kepolisian meningkatkan intensitas patroli. Selain untuk mengawasi rumah kosong pada momentum mudik Lebaran, juga mengawasi aksi kekerasan remaja di jalanan.

“Patroli terus gencar kami lakukan sebagai upaya mencegah terjadinya tindak kejahatan. Patroli juga bertujuan menghadirkan polisi di tengah masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan kehadiran polisi di jalan, serta mencerminkan kesiapsiagaan Polri di tengah masyarakat, terlebih di bulan ramadhan dan menjelang lebaran,” jelasnya.

Lebih lanjut, Hery juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan keamanan rumah yang akan ditinggal mudik.

“Pertama kunci-kunci rumah, kemudian alat-alat listrik maupun kompornya (dimatikan) untuk mencegah kebakaran,” ucap Hery.

Kapolres juga mengingatkan kepada pemudik agar terlebih dahulu memeriksa kendaraan yang akan digunakan untuk pulang kampung. Hal tersebut demi keselamatan di perjalanan.

Selama melakukan perjalanan mudik, kata Hery, masyarakat juga diminta untuk selalu mematuhi aturan-aturan mudik yang telah ditetapkan pemerintah.

”Persiapkan diri sebelum melaksanakan mudik, baik itu kesehatan pemudik maupun kesehatan dan kelayakan kendaraan, supaya mudiknya lancar. Kemudian patuhi aturan di jalan sehingga bisa selamat sampai tujuan,” pesen AKBP Suhardi Hery Haryanto.
( red )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here