Editor : Redaksi

Purwakarta,Media Cakrabuana.id :

Tujuan Program DAK Air Minum adalah tersedianya SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) yang berkualitas,berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sesuai dengan kebutuhan mayarakat.Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan lembaga dan masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan serta diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Selain itu,Air merupakan kebutuhan dasar manusia dan pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan kebutuhan dasar tersebut, terutama kepada masyarakat yang berada di daerah krisis air bersih.

Dalam pantauan awak media ini,beberapa kali ke Desa Taringgullandeh Kec,Kiarapedes Kab,Purwakarta yang mendapatkan Anggaran terbesar di kabupaten Purwakarta.

Namun,Jenis Kegiatan : Perluasan SPAM Jaringan Perpipaan-Tematik Kematiaan Ibu & Stunting , Dalam Pekerjaan : Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah,dengan Volume : 500 SR ( Sambungan Rumah) Anggaran Rp,2.500.000.000.00 yang Sumber Dana : Dana Alokasi Khusus ( DAK) Bidang Air Minum TA.2021 dalam waktu : 319 Hari ,Lokasi : Desa Taringgullandeuh ,dengan pelaksana : KKM JARONAH AMALIYAH.Kab Purwakarta.

Saat awak media ini konfirmasi melalui telepon Jum’at 10/12/2021, terkait proyek Pengembangan Jaringan Distribusi dan Sambungan Rumah dengan Anggaran Rp.2.5 Milyar.

Kades Taringgullandeh mengatakan terhadap awak media ini dengan di papan proyek dengan Anggaran Rp.2.5 M itu tidak segitu anggaran yang di terima oleh pihak KSM,karena uang yang sebenarnya di terima oleh pihak ,KSM hanya Rp.1.8 Milyar

Hal tersebut dari papan proyek dari pihak Distarkim ungkapnya.

Lanjutnya,kades Taringgullandeh menjelaskan kembali untuk pembelian watermeter dengan jumlah 500 pcs,dan lainnnya.

Diminta pihak Penegak Hukum Kab Purwakarta,segera mengusut tuntas adanya ke janggalan Anggaran berbeda dari papan informasi Rp.2.5 Milyar menjadi Anggaran Rp.1.8 Milyar

Hal ini ,Diduga ada Manipulasi Anggaran yang begitu jauhnya berbeda di terapkan di papan informasi.

Sampai berita ini diturunkan belum berhasil konfirmasi terhadap Ketua KSM ,dan penyedia jasa , bersambung ke edisi selanjutnya.

Reporter Liputan :
Ridho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here