Oleh: Jacob Ereste
Acara Interfaith Gathering (Kebersamaan Dalam Keragaman) berlangsung di padepokan Anand Kteshna, Jl. Rata Bukit Pelangi Km 2 Gedong, Ciawi, Bogor, Sabtu sore, 6 Mei 2023 hingga dialog menjelang tengah malam. Agenda acara One Earth Yoga & Meditation Retreat Centre dihadiri sejumlah tokoh lintas agama dari berbagai daerah. Sri Eko Sriyanto Galgendu yang juga dikenal sebagai Wali Spiritual Indonesia, hadir bersama Prof. Yudhie Haryono dan Wowok Prastowo menghadiri acara spesial itu dengan diawali malan malam bersama khas menu vegetarian.

Sri Eko Sriyanto Galgendu memaparkan agenda GMRI (Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia) bersama Posko Negarawan akan menyelenggarakan pertemuan bangsa-bangsa spiritual dunia di Indonesia menjadi agenda penting yang akan segera dilaksanakan di Indonedia, bukan saja ingin membangkitkan gerakan kebangkitan dan kesadaran spiritual bangsa-bangsa di dunia, karena memang harus dan hanya bisa dimulai dari Indonesia.

Padepokab One Earth, One Sky, One Humankind, diresmikan oleh Susuhunan Pakoe Boewono XII pada 17 Januari 2003 dengan pesan khusus tertera pada prasasti yang terpahat kuat, agar tak lekang oleh waktu.

Bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengerti leluhurnya dan menghargai perbedaan. Bahwa perbedaan adalah karunia Tuhan dan wujud dari keindahannya di alam.

Hanya dengan menghargai perbedaan Indonesia akan menjadi bangsa besar yang jaya, kata Susuhunan Pakoe Borwono XII dalam pesannya di prasasti yang terpahat di atas batu cadas itu.

Keluarga besar Anand Ashram bertekad mengobarkan kembali semangat Bhineka Tunggal Ika bagi bangsa bersama. Begitulah kesaksian Raja Jawa itu, Sri Susuhunan Pakoe Boewono XII yang bisa dibaca di pelataran Padepokan One Earth one sky one humankind.

Acara serupa, menurut Yudha berlangsung rutin setiap Hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Pesertanya, ada dari berbagai daerah. Ada home stay dan semua dasilitas disediakan secara cuma-cuma, alias gratis. Karena menurut Anand Krisna di bagian halaman belakang banyak ditanam sayur mayur, sehingga keperluan sayur mayur cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kata orang nomor satu di Padepokan yang berada dibawah Anand Ashram Foundation ini.

Dalam acara ini, Sri Eko Sriyanto Galgendu ikut mempersembahkan seni Yoga Raja yang dia peroleh saat workshop bersama sejumlah ahli yogya dunia yang berkumpul di Kawali, Jawa Barat, pada tahun 2022. Berikutnya ada tari-tarian ala sufi yang khas berputar-putar hingga trance dan tertidur dengan ditingkahi oleh nada musik yang ritmik lengkap gendang dan rebana yang bernada mistis.

Untibta dari acara ini menjadi semacam therafi psikologis agar jiwa dan raga bisa tetap terjaga dan sehat akibat beban dan tekanan hidup yang semakin berat dan kompleks.

Sebelum acara dimulai, diadakan do’a bersama pembacaan alfatihah yang dilantunkan dalam nada warna pengucapan macapat. Lalu menyusul do’a dari umat beragama Kristen, menyusul kumudian Hindu dan Budha. Karena memang, semua intinya adalah kebersamaan. Seperti pesan Pakoe Boewono XII tentang Bhineka Tunggal Ika dari Padepokan Anand Krisna berpuncak pasa spiritual Ketuhanan Yang Maha Esa juga.

Gadok, Bogor, 6 Mei 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here