Medan, Media Cakrabuana.id

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dr. Mustafa Kamil Adam Sp.PD dari Fraksi Nasdem terus melaksanakan gelar kegiatan Penyebarluasan ideologi Pancasila yang mana hari ini kegiatan dilaksanakan di Wisma Ebenezer, Jl. Turi Amplas, Kelurahan Timbang Deli, Lingkungan 9, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Pada Hari Minggu (18/12/2022).

Seperti biasanya Pemateri pada acara Penyebarluasan ideologi Pancasila Wawasan Kebangsaan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Fraksi Partai NasDem dr. Mustafa Kamil Adam, Sp.PD dan DR. Kariaman Sinaga S.Sos, M.Ap (Dekan Fisip Universitas Dharmawangsa), acara ini juga dihadiri oleh Ketua Wilayah Liga Mahasiswa NasDem Sumut, Zulhamdani Napitupulu, M.Kom, Liga Mahasiswa NasDem Kota Medan, Muhammad Ichwan, SE, Lurah Timbang Deli, Rizki Lubis, SH, Kasih Trantib Kecamatan Medan Amplas, R.Nainggolan, Ketua DPC Partai Nasdem Medan Amplas, Dra. Ida Nababan, Sekretari DPC Partai Nasdem Kecamatan Medan Amplas, Darmawani, Tokoh Agama Kelurahan Timbang Deli, Priadi.

Pemateri Pertama dr. Mustafa Kamal Adam, Sp.PD, menyampaikan Bahwa Ideologi Pancasila sangat penting bagi negara kita, yang mana menjadi 4 (empat) pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal ika adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Pemateri Kedua Acara Penyebarluasan ideologi pancasila dan Wawasan Kebangsaan, DR. Kariaman Sinaga S.Sos, M.Ap (Dekan Fisip Universitas Dharmawangsa) menyampaikan bahwa bagaimana makna Salam Pancasila dan berpesan kepada para peserta yang tergolong dari masyarakat Lingkungan 9 Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, masih dalam suasana yang sama, Kalo hari ini kita semua harus memahami apa itu makna dari ideologi Pancasila, Pancasila adalah sebuah ideologi negara dan bangsa Indonesia yang bersifat terbuka. Dalam arti, isi dari Pancasila tidak bisa berubah-ubah sesuai kondisi perkembangan tertentu. Pancasila adalah hasil dari kontrak sosial. Pancasila akan terus berlaku jika bangsa Indonesia masih menyepakatinya secara bersama-sama.

“Pesan saya kepada kita semua, mari sama sama menjaga Negara Kesatuan Repulik Indonesia, agar negara kita lebih maju dan mencapai tujuan cita-cita yang diharapkan, kedepannya.” tutupnya.

Disesi acara ada beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta yang hadir, Pertama Elida Wati menyampaikan bagaimana kita bisa memiliki rasa kesatuan yang baik berdasarkan Pancaila hari ini banyak yang terjadi kesenjangan di masyarakat.

Pertanyaan Kedua Muliani Tarigan bagaimana mengenai Pancasila tentang Pihak Kepolisian dari Polsek, Poltabes yang mana masih banyak kami lihat mengenai persoalan Narkoba, kami banyak melihat masalah narkoba, selalu pasti keluar masuk. Kenapa ini sering terjadi kami meminta kepolisian ambil sikap tegas terhadap Pengedar dan Pemakai.

Pembicara DR. Kariaman Sinaga S.Sos, M.Ap (Dekan Fisip Universitas Dharmawangsa) menjawab semua pertanyaan dengan santai dan menjelaskan bahwa hari ini kita ketahui Negera Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Semboyan Bhineka Tunggal Ika karena semuanya memilik arti dan makna buat kita semua, dalam menjalankan roda pemerintahan maupun yang lainnya, pungkasnya.

Ketua Liga Mahasiswa Nasdem Kota Medan, Muhammad Ichwan, SE, juga menyampaikan bahwa Pancasila adalah sebagai ideologi negara adalah sarana pemersatu masyarakat dan pengarah motivasi bangsa untuk mencapai cita-cita. dan Pancasila sebagai ideologi  negara secara lebih luas adalah visi atau arah kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Salah satu alasan Pancasila dipilih menjadi dasar negara Indonesia karena berasal dari nilai-nilai luhur budaya bangsa dan sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar  negara bukan hanya registrasi kepribadian sendiri, tetapi juga pemberi arah bagi masa depan bangsa, pungkas Ketua Liga Mahasiswa NasDem Kota Medan. Muhammad Ichwan, SE.

Diakhir sesi acara tersebut berlangsung, maka dilakukan acara foto bersama, pemberian cendramata kepada masyarakat yang hadir, dan menandakan bahwa berakhirnya acara Penyebarluasan ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Saat acara ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan juga turut hadir Sahabat dr. Mustafa Kamil Adam, Sp.PD diantaranya, Delfi Siregar, Rifky Panggabean, Syahrul, Vina Meliani, Dara Hidayanti, Ade Fouryanti, Muhammad Rifky Panggabean, Jalaluddin Lase sebagai Tim Media dr. Mustafa Kamil Adam, Sp.PD. (Rizky Zulianda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here