Ogan Ilir Sumsel Media Cakrabuana.id

Terkait adanya pemberitaan dari salah satu Media Online pemberitaan Permasalah pembangunan jalan setapak Tahun 2022 di Desa Belanti, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir membuat salah satu Oknum Calon Kades Incumbent marah kepada salah satu Wartawan (FD) satu wartawan Media Online dinamikapendidikan.com yang saat itu berada di Kecamatan Tanjung Raja Ogan Ilir.

Bermula ketika awak Media (FD) dan rekan media lain sedang berada dihalaman Kantor Camat Tanjung Raja, dan ketika itu dihampiri oleh Oknum Calon Kades Incumbent Desa Belanti (IR). Awak media (FD) sempat menyapa beliau, namun betapa terkejutnya atas jawaban dari beliau (IR) yang seharusnya tidak pantas di ucapkan seorang Kepala Desa apalagi kepada awak media yang sedang bertugas, Jum’at (19/8/22).

“Saya bersama rekan media lain pada saat itu lagi berada dekat motor di halaman Kantor Camat Tanjung Raja, lalu Pak Irwani lewat dan saya sempat menyapa beliau. Tiba-tiba dia langsung menarik tangan saya lalu bilang “sue kendak kau, kulayani kau dang mikak (apa mau mu, saya turuti, red) sembari menunjukkan muka masam dan marah,” Ujarnya Tim awak Media yang ada dilokasi”

“Bukan cukup disitu saja, dia malahan menarik saya sampai kebelakang mobil salah satu Kades yang lagi diparkir dihalaman Kantor Camat tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, saya sudah jelaskan kalau saya tidak tau siapa yang mengirim foto proyek pembangunan itu, bahkan saya sanggup bersumpah kalau itu bukan saya yang mengirim, tapi Pak Irwani (Kades) masih tetap tidak percaya. Bahkan ia mengeluarkan lagi ucapan yang tidak pantas didengar, dengan nada sangar dia bilang “Sue Kendakmu, dimane bae kau kulayani” (apa mau mu, dimana pun kamu saya layani, red).

“Terus terang saya merasa tidak enak atas ucapan dan tuduhan beliau kepada saya. Karena tidak pantas sebagai seorang Kades apalagi Calon Incumbent berkata demikian kepada awak Media.

“Dia kan ada hak jawab, seharusnya berikan hak jawabnya kepada pemberitaan itu. Bukan marah-marah kepada saya, dengan tuduhan yang tidak jelas.

Dilain sisi Ketua DPW LSM Garda Nasional (Ganas) Irwan Syahputra (Ketua) angkat bicara mengenai hal tersebut, sangat disayangkan kalau memang sikap arogansi seorang Calon Kepala Desa, apa lagi incumbent, tak sepatutnya mengeluarkan kata kata kasar kepada seorang Jurnalis yang sedang bekerja.

“Apalagi sampai mengancam mereka itu dilindung UU, jikalau pemberitaan yang ditulis itu tidak benar, seharusnya berikan hak klarifikasi kepada awak media, bukan malah mengancam”, imbuhnya.

“Dalam hal ini kami dari DPW LSM Garda Nasional Sumsel meminta kepada Camat Tanjung Raja untuk segera memanggil oknum Kepala Desa Irwani untuk menyelesaikan permasalahan ini dalam waktu dekat, jangan sampai kami turun aksi, sementara Camat Tanjung Raja saat dikonfirmasi melalui WhatsApp belum ada jawaban,” Ujarnya”

Nampaknya dengan viralnya berita ini di Media Sosial H. Zainal Arifin Hulap,S.IP selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia Sumatera Selatan merasa geram dan angkat bicara, libas oknum Kades yang tidak memiliki sifat ke pemimpinan. Ketua IWO Indonesia Sumsel mengecam keras kepada oknum Kades yang yang sudah mengintimidasi Wartawan yang lagi menjalankan tugas. H. Zainal Ketua IWO Indonesia minta dengan Camat dan Bupati Ogan Ilir memanggil dan memberikan peringatkan keras kepada oknum Kades tersebut. Untuk rekan – rekan Wartawan yang ada disana bersatu bila perlu buat laporan Polisi dengan dasar Pengacaman dan perbuatan tidak menyenangkan.” Pungkasnya H. Zainal Arifin IWO Indonesia Sumsel dengan tegas” ( Red )*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here